Latest Movie :

Mayoritas Badan Publik Tidak Ikut Penilaian KIP

New Picture (2)Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Henny S Widyaningsih menyesalkan bahwa lebih dari  50 persen Badan Publik (BP) tidak mengembalikan kuesioner Self Assessment dalam Pemeringkatan BP 2014. Hal itu menandakan BP tersebut tidak kooperatif  terhadap keterbukaan Informasi Publik. Self Assessment memang model yang mulai diterapkan KIP dalam mengevaluasi/ memeringkat BP dalam keterbukaan informasinya mulai 2013. Tahun 2014 ini BP yang diperingkat terdiri dari kategori Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, BUMN, Perguruan Tinggi Negeri, dan partai politik nasional.

Dalam acara talkshow yang digelar KIP di Sindo TV, Senin (15/12), Henny tampil bersama Koordinator Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Keuangan RI, Yudi Pramadi. Seperti diketahui bahwa Kementerian Keuangan dua tahun berturut-turut menempati Peringkat Pertama dalam pemerinkatan KIP. Henny yang juga penanggung jawab Pemeringkatan Tahun 2014 ini menjelaskan bahwa meski KIP telah mengumumkan peringkat BP di Istana Wapres, namun merasa belum puas karena masih lebih 50 persen BP tidak kooperatif.

“Bagi Badan Publik yang tidak kooperatif  jangan menganggap urusannya sudah selesai karena tetap akan diminta untuk membuka Informasi Publik-nya,” kata Henny. Bahkan BP tersebut bisa menjadi sasaran untuk dimintai Informasi Publik dari masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) agar BP itu transparan.

Sementara itu, Yudi Pramadi mengatakan meski sudah dua kali memenangkan pemeringkatan di tahun 2013 dan 2014, namun Kementeriannya tetap meningkatkan pelayanan Informasi Publik. Menurut Yudi, dengan meningkatkan pelayanan Informasi Publik justru meringankan beban Kemenkeu dalam menghadapi permintaan informasi dari masyarakat luas.

Lihat laporan resmi Komisi Informasi Pusat  di sini

Sumber : http://www.komisiinformasi.go.id
Share this article :
 
Support : Copyright © 2015. Perkumpulan_Sahabat_Muslim - All Rights Reserved
Template Created by Sahabat Muslim Published by Sahabat Muslim Indonesia